Meningkatkan nilai manfaat diri - GBPM Training
Menu
Mau Ganteng ? Pinter ? Jati Diri ? Profesional ? Gabung Sekarang - GRATIS !

Meningkatkan nilai manfaat diri

May
16
2017
by : khamim sholikhuddin. Posted in : Management Qolbu

Foto-Aa'-Gym

Meningkatkan nilai manfaat diri

Jika kamu berbuat baik, ( berarti ) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri, dan jika kamu berbuat jahat, maka ( kejahatan ) itu bagi dirimu sendiri.
( QS Al Isra [17] : 7 )

Ternyata dalam menjalani kehidupan ini, manusia dihadapkan pada suatu kenyataan. Bahwa ia sesungguhnya hanya akan mendapatkan sesuatu dari apa yang diberikan-nya bukan dari apa yang ia minta. Seorang muslim, dengan demikian, seharusnya menjadi manusia pemberi, bukannya manusia peminta. “Yaadul ‘ulya khairun min yaadishshufla”, tangan yang diatas lebih baik daripada tangan yang dibawah, demikian Sabda Rasulullah.

Oleh karena itu, sungguh amat beruntung orang yang selama hidupnya di dunia dititipi Allah harta kekayaan yang melimpah namun dipergunakannya kejalan yang benar. Sungguh beruntung pula orang-orang yang dititipi oleh Allah berupa pangkat dan jabatan yang dengan itu ia bisa meningkatkan nilai manfaat dirinya untuk orang lain. Orang seperti inilah yang mendapat pujian dari Rosulullah sebagai, ” sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesamanya “. Inilah golongan manusia terpuji yang akan dicintai oleh Allah.

Bagaimana caranya agar kita memiliki kesanggupan untuk meningkatkan nilai manfaat diri. Tampaknya kita memang harus memulainya dengan belajar meningkatkan kepekaan terhadap aneka kejadian yang diperlihatkan Allah kepada kita.

Bagaimana kedzholiman terjadi di hadapan kita. Sebagian orang dengan sengaja menzolimi sesama yang lemah. Yang terzalimi merasa tidak berdaya apa-apa karena tidak memiliki pembela. Terkadang kezaliman itu masih dapat kita lihat, kita nilai dan bahkan turut menjadi korban kezaliman itu.

Apa yang harus kita perbuat? Bila sanggup dengan tangan, kita hentikan kezaliman itu Seraya membela mereka yang teraniaya. Kalau sanggup dengan perkataan, kita Ingatkan orang-orang yang khilaf itu. Mudah-mudahan ketika kata-kata nasehat itu kita ucapkan Allah membalikkan hatinya menjadi sadar. Atau, paling tidak, kita ikut merasakan betapa sakitnya penderitaan orang orang yang teraniaya Seraya hati kita amat tidak menyetujui perbuatan perbuatan aniaya itu.

Ketahuilah, sesungguhnya ada satu cara yang sangat efektif mengubah segala sesuatu yang tidak baik ini menjadi lebih baik di masa yang akan datang, yaitu dengan menata ulang cita-cita kita saat ini dengan meningkatkan kualitas niatnya.

Kalau semula niat kita kuliah, misalnya, karena ingin mendapatkan gelar sarjana atau memperoleh pekerjaan yang dapat menjamin masa depan, cobalah tingkatkan agar tidak lagi sekedar sesederhana itu. Tujuan kita kuliah karena ingin membalas kebaikan orang tua yang telah melahirkan dan membesarkan kita. Hal itu sudah cukup akan menjadi energi yang luar biasa sehingga kita kelak akan sangat potensial dapat meraih sukses lebih daripada apa yang direncanakan semula.

Kemudian kita tingkatkan Lagi niat kita sehingga tidak lagi berorientasi kepada kepentingan pribadi, namun untuk kepentingan yang jauh lebih besar lagi, yakni agar dapat memberantas kezaliman dan menolong orang-orang yang teraniaya demi tegaknya kemuliaan agama Allah di bumi ini.. Dengan demikian, kita telah meningkatkan niat manfaat diri kita di dunia ini di satu sisi dan telah menempatkan diri pada tempat yang sangat mulia di sisi lain.

artikel lainnya Meningkatkan nilai manfaat diri

Monday 7 November 2016 | Management Qolbu

Hidup beruntung Maka apabila shalat usai ditunaikan, bertebaranlah kalian di muka bumi dan carilah karunia Allah.…

Thursday 26 May 2016 | Management Qolbu

Manajemen Qalbu  Al Qawiyyu Oleh KH.  Abdullah  Gymnastiar Alhamdulillahirobbil’alaimin, Allah yang Maha Kuasa, yang benar-benar total…

Saturday 20 August 2016 | Management Qolbu

Manajemen Qolbu Pendengkikah kita ? Betapa seringnya waktu kita terkuras untuk memperhatikan dan menilai keburukan orang…

Friday 29 July 2016 | Management Qolbu

Manajemen Qolbu Menggapai mahligai melalui pernikahan Barokah Bismillahirrahmanirrahim Alhamdulillah, Bicara tentang pernikahan banyak yang menyesal. Menyesal…

Upcoming events:

no event

Jl. Gatot Subroto No.46b Kupang Lor Rt.04 Rw.03 Ambarawa, Kab. Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
LINE : grosirline
5A1B6ACD
085640881921