Must Read


Home Forum

Forum

Hendak Jalani Program Body Building? Simak Hal-hal Ini Dulu Ya  

  RSS

Faris Dedi Setiawan
(@ganesh)
Member Admin
Joined:11 months  ago
Posts: 284
22/03/2018 2:08 pm  

Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk melatih kekuatan dan membentuk otot tubuh, baik menggunakan alat seperti barbell, dumbell, atau mesin fitnes lainnya. Tak ada yang salah dengan pilihan Anda.

Akan tetapi untuk mendapatkan tubuh yang atletis diperlukan disiplin tinggi, mulai dari asupan makanan hingga proses latihan fisik yang mesti rutin dijalankan. Nah, menurut dokter spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto, SpKO sebaiknya seseorang harus mengetahui komposisi lemak tubuh sebelum memulai program pembentukkan tubuh. 

"Tentang keberhasilan suatu program penurunan berat badan tidak akan diperoleh dalam waktu singkat, melainkan membutuhkan waktu yang lama," ujar dr Michael yang berpraktik klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta.

"Keberhasilan juga tidak hanya diukur dari berapa kilogram yang hilang namun berapa banyak lemak tubuh yang berkurang," sambungnya.

Oleh karena itu penurunan berat badan yang berasal dari lemak tak akan terjadi dengan cepat. Ia menyarankan untuk tetap fokus terhadap tujuan program latihan yang optimal.

"Lebih baik fokuskan diri pada tujuan dari program latihan yang dilakukan. Bila tujuan utama adalah penurunan berat badan maka hasilnya adalah penurunan jumlah lemak di dalam tubuh sedangkan bentuk tubuh yang bagus adalah target berikutnya," ujar dr Michael.

Sama seperti yang disampaikan oleh ahli gizi, Leona Victoria, untuk membentuk otot secara maksimal maka baiknya dikombinasi antara kardio dengan weight lift pada bagian otot yang ingin dibentuk.

Kemudian, tak cukup hanya lakukan olahraga saja. Kata Victoria seseorang yang mengikuti body building fitness disarankan mengikuti pola high protein low fat diet.

Bukan juga harus jauhi makanan berlemak, ada banyak jenis lemak. Yang tetap diperlukan untuk kesehatan tubuh salah satunya lemak esensial yaitu omega 3 dan omega 6.

"Sumber terbaik biasanya didapatkan dari makanan laut, yang nabati dari rumput laut, flaxseeds dan chia seeds. Sedangkan omega 6 adalah dari ayam, gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian," pungkas Victoria.

Nah, kalau lemak yang ini, kata Victoria memang perlu dihindari, seperti lemak jenuh dan trans fat. Biasanya ditemukan pada lemak daging, kulit ayam, santan, makanan yang digoreng, serta makanan ringan seperti keripik, kerupuk, dan kue-kue kering.


ReplyQuote
Share:


  
Working

Please Login or Register