Must Read


Home Forum

Forum

Apa itu kalori ?  

  RSS

Faris Dedi Setiawan
(@ganesh)
Member Admin
Joined:9 months  ago
Posts: 284
22/03/2018 2:39 pm  

Kalori adalah unit dari energi. Jadi, setiap makanan dan minuman yang mengandung energi juga mengandung kalori. Tubuh Anda membutuhkan kalori untuk hidup, tanpa energi dari kalori, sel-sel dalam tubuh kita akan mati, termasuk jantung kita akan berhenti berdetak. Jadi, jangan takut lagi dengan kalori, justru kalori sangat kita butuhkan.

Kita bisa mendapatkan energi ini dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Jika makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari dapat mencukupi kebutuhan kalori kita, maka tubuh kita akan sehat. Sebaliknya, jika makanan dan minuman yang kita konsumsi di bawah atau di atas kebutuhan kalori kita, maka risiko untuk terkena penyakit akan meningkat. Oleh karena itu, sebaiknya ketahuilah berapa banyak kalori yang Anda makan, sehingga dapat membantu Anda menjaga keseimbangan antara energi yang masuk dan yang keluar dari tubuh. Inilah kunci untuk mendapatkan berat badan sehat.

Makanan yang kita konsumsi setiap hari mengandung karbohidrat, lemak, dan protein yang nantinya akan dikonversi menjadi energi oleh tubuh kita. Berikut ini merupakan jumlah kalori dari setiap zat gizi yang kita makan.

  • 1 gram karbohidrat bernilai 4 kalori
  • 1 gram lemak bernilai 9 kalori
  • 1 gram protein bernilai 4 kalori

Jadi, misalkan dalam satu jenis makanan yang Anda makan mengandung 4 gram karbohidrat, 10 gram lemak, dan 15 gram protein, jumlah kalori yang Anda makan adalah (4×4)+(10×9)+(15×4)= 166 kalori.

Lihat informasi nilai gizi yang biasa terdapat pada kemasan makanan untuk memudahkan Anda mengetahui berapa kalori dari makanan yang Anda makan tersebut. Jika Anda masih bingung apa itu kalori dan kilokalori, sebenarnya keduanya mempunyai arti yang sama.


ReplyQuote
Share:


  
Working

Please Login or Register