Must Read


Home Forum

Forum

Materi 5 : Atur Pola Makan Anda  

  RSS

Faris Dedi Setiawan
(@ganesh)
Member Admin
Joined:5 months  ago
Posts: 284
13/03/2018 12:48 am  

Kurangi 21 Makanan Penyebab Jerawat Di Wajah Muncul Terus :
Hindari Jajanan Gorengan, Gula dan makanan manis bisa memicu jerawat, Makanan bahan susu sebabkan jerawat, hindari Kafein berlebih, Alkohol Bisa Memicu Jerawat.
Contoh :
Ayam goreng, Donat, Kentang goreng, Mie instans, Coklat, Permen, Es krim, Sereal, Biskuit, Pasta, Daging babi (haram), Makanan berbahan Kopi, Makanan berbahan teh hitam, Makanan yang mengandung lemak susu, Keju, Beras putih, Roti putih, Ham cheese burger, Puding, Kacang Goreng.
.

Makanan Yang Bisa Mencegah dan Mengobati Jerawat :
Perbanyak Makanan Alami, Sayuran dan Buah-buahan
contoh
Lemak ikan, Kacang, Alpukat, Buah Anggur merah, Daun Adas, Artichoke, Beras merah, Bawang putih, Brokoli, Alfalfa Sprouts, Air Putih, Teh hijau, Wortel, Yogurt, Mentimun, Buah Berry, Biji-bijian, Sumber makanan yang berwarna ungu dan merah tua, Susu, Olive oil, Lemon, Oatmeal, Aprikot, Semangka.

Kurangi 21 Makanan Penyebab Jerawat Di Wajah Muncul Terus :
Hindari Jajanan Gorengan, Gula dan makanan manis bisa memicu jerawat, Makanan bahan susu sebabkan jerawat, hindari Kafein berlebih, Alkohol Bisa Memicu Jerawat.
Contoh :
Ayam goreng, Donat, Kentang goreng, Mie instans, Coklat, Permen, Es krim, Sereal, Biskuit, Pasta, Daging babi (haram), Makanan berbahan Kopi, Makanan berbahan teh hitam, Makanan yang mengandung lemak susu, Keju, Beras putih, Roti putih, Ham cheese burger, Puding, Kacang Goreng.
.

Makanan Yang Bisa Mencegah dan Mengobati Jerawat :
Perbanyak Makanan Alami, Sayuran dan Buah-buahan
contoh
Lemak ikan, Kacang, Alpukat, Buah Anggur merah, Daun Adas, Artichoke, Beras merah, Bawang putih, Brokoli, Alfalfa Sprouts, Air Putih, Teh hijau, Wortel, Yogurt, Mentimun, Buah Berry, Biji-bijian, Sumber makanan yang berwarna ungu dan merah tua, Susu, Olive oil, Lemon, Oatmeal, Aprikot, Semangka.

Sebenarnya bila jumlah jerawat hanya sedikit mungkin tidak terlalu mengganggu dan bisa dapat segera diatasi, namun menjadi masalah bila ternyata pertumbuhan jerawat tidak terkontrol dan membuat kulit nampak memerah karena peradangan, sehingga menimbulkan rasa sakit dan kurang percaya diri bagi penderitanya.

jerawat
foto detik.cm

7 Macam Jerawat yang Sebaiknya Anda Kenali

Ada banyak faktor penyebab jerawat seperti faktor genetik (keturunan), kebersihan kulit, gangguan atau perubahan produksi hormon, jenis kulit, stress, infeksi, makanan dan minuman.

Namun bila dilihat dari awal terbentuknya jerawat maka tersumbatnya pori-pori kulit akan menyebabkan tumbuhnya bintik atau bejolan pada kulit yang berwarna merah dan mengandung lemak dan darah kotor (nanah).

Sebelum membahas tentang bermacam minuman yang bisa bikin kamu jerawatan ada baiknya bila kita mengetahui tentang jenis-jenis jerawat, karena cukup banyak masyarakat awam yang tidak mengetahui bahwa ternyata terdapat beberapa jenis jerawat, diantaranya adalah :

  1. Jerawat biasa

Jerawat ini yang paling umum dan hampir semua orang pernah terserang jerawat jenis ini, dimana bentuknya kecil dengan warna agak kemerahan.

Jerawat jenis ini disebabkan oleh pori-pori kulit yang terinfeksi bakteri jenis propionibacterium acne, yang sering terdapat dibawah permukaan kulit.

  1. Jerawat batu

Jerawat batu ukurannya lebih besar daripada jerawat biasa, dan memiliki warna yang lebih merah dan bila dibiarkan dan tidak segera ditangani dengan benar maka akan meninggalkan bekas seperti lubang (bopeng) pada wajah yang sulit untuk dihilangkan.

Jerawat batu  biasanya disebabkan oleh kadar minyak yang terlalu tinggi serta pertumbuhan sel-sel yang tidak normal.

  1. Jerawat  Juvenil

Jerawat juvenile hampir mirip dengan jerawat biasa, hanya saja jerawat ini lebih banyak diderita oleh para remaja pada masa pubertas (12-20) tahun. Jerawat juvenile disebabkan oleh gangguan hormonal yang tidak stabil.

  1. Jerawat Vulgaris

Jerawat yang satu ini juga sejenis kelainan pada kulit yang ditanda dengan meletusnya jerawat ataupun komde yang kemudian diikuti dengan kulit yang nampak kemerahan dan bersisik.

Jerawat vulgaris umumnya timbul pada masa pubertas dan dapat berlanjut sampai dewasa bila tidak ditangani dengan benar.

Penyebab timbulnya jerawat vulgaris adalah kelebihan minyak, masalah hormonal, penggunaan produk kosmetik, dan kulit mati yang tidak lepas dari kulit sebagaimana semestinya.

  1. Jerawat Rosacea

Jerawat yang satu ini lebih banyak diderita oleh wanita yang telah berusia diatas 30 tahunan keatas.

Salah satu pertanda awal munculnya jerawat rosacea adalah bagian kulit pipi atau hidung nampak kemerahan yang kemudian meradang dan menimbulkan sisik berwarna kemerahan pada kulit.

  1. Jerawat Nitrosica
Baca juga  Cara Untuk Memutihkan Wajah

Jerawat yang satu ini sebaiknya Anda waspadai, tidak dibiarkan dan harus segera mendapat penanganan yang cepat dan tepat karena bila tidak akan mengakibatkan lubang di wajah.

Untuk menanganinya sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli kulit.

  1. Komedo

Komedo juga merupakan salah satu jenis jerawat yang disebabkan oleh adanya sel-sel kulit mati serta adanya sekresi kelenjar minyak pada bagian kulit yang terlalu berlebihan.

Ada 2 jenis komedo yaitu komedo tertutup yang nampak seperti benjolan titik kecil berwarna putih, sedangkan komedo terbuka nbampak seperti pori-pori kulit yang terbuka  dan menghitam.

Meskipun jerawat bukanlah penyakit kulit yang menular namun sebaiknya ditangani dengan cepat dan tepat untuk mencegah terjadinya peradangan dan bekas yang sulit untuk dihilangkan dan membuat Anda menjadi kurang percaya diri.

9 Jenis Minuman Penyebab Timbulnya Jerawat

Setelah mengetahui tentang berbagai jenis jerawat, maka selanjutnya adalah mengetahui bermacam minuman yang bisa bikin kamu jerawatan, yaitu :

  1. Susu

Susu merupakan minuman yang menyehatkan karena kaya akan vitamin dan mineral. Namun juga mengandung lemak dan hormon dihydrotestosterone (DHT) yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Selain itu ada juga beberapa orang yang memiliki alergi tertentu dengan produk susu, sehingga bila mereka mengkonsumsinya maka dapat memicu timbulnya jerawat atau gangguan kesehatan lainnya.

  1. Kopi
  2. Teh hitam

Bila teh hijau kaya akan antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan dan kulit, berbeda dengan teh hitam memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan produksi hormon adrenalin mengalami peningkatan, sehingga jumlah hormon yang berbelihan tersebut dapat memicu stress dan menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat.

  1. Coklat

Bahan makanan dan minuman yang digemari hampir semua kalangan ini memang terasa enak untuk dinikmati kapanpun karena dapat memberikan efek tenang dan rileks.

Coklat dapat membantu tubuh memproduksi hormon serotonin yang dapat memberikan efek nyaman dan bahagia sehingga dapat meredam emosi dan stress.

Namun bila coklat dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat memicu timbulnya jerawat karena umumnya produk minuman dan makanan yang mengandung coklat juga kaya akan gula dan lemak, sehingga menjadi salah satu penyebab hormon kulit menjadi tidak stabil dan membuat kulit lebih rentan terhadap jerawat.

  1. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol merupakan minuman yang telah melewati proses fermentasi, sehingga dapat berdampak buruk bagi tubuh bila dikonsumsi terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan kesadaran peminumnya berkurang, dehidrasi, dan kulit kering, sehingga membuat kulit lebih mudah berjerawat.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda umumnya mengandung gula atau aspartame yang tinggi, sehingga dapat menyebabakan terjadinya peradangan (inflamasi) pada tubuh dan meningkatkan resiko timbulnya jerawat pada kulit.

minuman bersoda juga menjadi salah satu penyebab terjadi penurunan tingkat pH pada kulit, sehingga dapat memicu tumbuhnya jerawat.

  1. Yogurt

Minuman yang merupakan produk olahan susu ini memiliki manfaat bagi sistem pencernaan tubuh, namun memiliki kekurangan yaitu dapat mengacaukan kerja hormon didalam tubuh , sehingga kinerja hormon didalam tubuh menjadi tidak stabil dan mengakibatkan kelenjar kulit tidak dapat memerangi bakteri penyebab timbulnya jerawat secara maksimal.

  1. Es krim

Rasanya yang segar membuat hampir semua orang menyukai es krim, namun ternyata kandungan gula yang tinggi, susu dan terkadang santan yang kaya akan lemak membuat es krim tidak dianjurkan dikonsumsi setiap hari karena akan memicu timbulnya jerawat.

memang cukup membuat wanita risih. Berbagai cara pun dilakukan demi mengenyahkan masalah yang satu ini. Mulai dari menggunakan berbagai skin care khusus jerawat, double cleansing, hingga facial di klinik kecantikan ternama. Sayangnya, tidak ada jaminan kalau semua cara tersebut akan ampuh dan memberi hasil yang maksimal. Kalau sudah mencoba beberapa di antaranya, coba cek yuk, apakah kamu sudah mengatur asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh? Salah satu cara paling mudah dan pastinya aman untuk meminimalisir masalah jerawat adalah dengan mengonsumsi minuman yang bernutrisi. Apa saja, ya?

 

1. Kunyit Asam

Kunyit asam merupakan salah satu jenis jamu yang terbuat dari campuran parutan kunyit dan asam jawa. Minuman tradisional ini cukup disukai banyak orang karena memiliki rasa yang manis, asam dan segar. Kandungan curcumin yang terdapat dalam kunyit berfungsi sebagai anti-inflamasi yang mengatasi peradangan pada jerawat. Selain itu, antiseptik dan antibakteri yang terkandung dalam kunyit juga mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Rutin meminum kunyit asam tak hanya meredakan masalah jerawat saja, noda bekas jerawat pun bisa hilang karena berkat kandungan vitamin C dan betakaroten yang terdapat pada asam jawa.

2. Teh Hijau

Rasanya sudah bukan rahasia lagi ya kalau minuman yang satu ini menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan, tak terkecuali kecantikan kulit. Teh hijau cukup handal dalam urusan meredakan jerawat. Kandungan ekstrak etanolik yang terdapat di dalam teh hijau mampu menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Tak hanya itu saja, kandungan yang kaya akan antioksidan ini juga dapat menurunkan berat badan dan mencegah risiko kanker, lho!

 

3. Air Putih

Minum air putih baik untuk kesehatan kulit dan membuatmu bebas jerawat 

 

 

Bagi kamu yang malas minum air putih, rasanya perlu berhati-hati. Pasalnya, kurang asupan air putih ternyata dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Seperti yang telah diketahui, tubuh kita didominasi oleh air. Jika kekurangan cairan, sel-sel yang ada di tubuh akan mati. Termasuk sel kulit wajah yang sangat rentan karena terpapar langsung dengan matahari dan polusi udara. Untuk itu, rajin-rajinlah meminum air putih. Karena selain melembapkan, air putih juga membantu proses penyerapan nutrisi, melancarkan peredaran darah dan menetralkan racun pada tubuh yang seringkali jadi penyebab jerawat.

4. Spearmint Tea

Selain teh hijau, spearmint tea juga dikenal dapat mengatasi masalah kulit wajah yang jerawat.  Spearmint tea mengandung anti-androgen dan anti-inflamasi yang dapat meredakan masalah jerawat, khususnya yang disebabkan oleh hormon. Sebuah akademi dermatologi di Amerika  menyatakan bahwa dengan meminum spearmint tea sebanyak dua gelas sehari secara rutin dapat menghilangkan jerawat hingga 25% dalam sebulan.

5. Jus Timun dan Perasan Lemon

Timun merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan air. Selain terkenal akan khasiatnya yang dapat melembapkan wajah, timun juga memiliki zat aktif yang bisa mendetoks racun di dalam tubuh dan mengobati masalah jerawat di wajah. Untuk mendapatkan khasiat dari buah yang satu ini, kamu hanya perlu mencampur irisan timun dengan perasan buah lemon ke dalam blender. Perpaduan kedua bahan ini diyakini dapat membuat kulit wajah lebih cerah, sehat dan pastinya bebas jerawat. Agar jus terasa lebih segar, jangan lupa untuk menambahkan es batu ke dalamnya, ya!

6. Air Kelapa

 

Rasanya yang segar ternyata dapat mencegah jerawat | Copyright thinkstockphotos.com

 

 

Selain rasanya segar, air kelapa ternyata menyimpan segudang khasiat untuk kesehatan. Kandungan air kelapa dikenal dapat dan menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menetralkan racun di dalam tubuh. Rutin mengonsumsi air kelapa juga diyakini dapat menyembuhkan jerawat di wajah. Tak hanya diminum, membasuh wajah dengan air kelapa secara rutin ternyata juga dapat dijadikan terapi untuk menghilangkan jerawat dari luar lho.

7. Beras Kencur

Beras kencur merupakan minuman tradisional yang sejak dulu dikenal memiliki manfaat baik untuk tubuh. Selain dapat menjaga bentuk tubuh dan membuatnya lebih bugar, jamu yang rasanya manis dan segar ini juga baik untuk mengatasi jerawat, mengencangkan wajah, serta mencerahkan kulit yang kusam. Tak hanya disajikan sebagai minuman saja, beras kencur ternyata juga dapat dijadikan sebagai masker DIY untuk jerawat, lho.

  1. Sereal
Baca juga  Cara Mengatasi Kulit Kering , Ciri Dan Faktor Penyebabnya

Makanan yang juga terkadang disajikan sebagai minuman dan makanan ringan ini menjadi menu ideal untuk sarapan dipagi hari, namun ternyata konsumsi berlebihan dan terlalu sering dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat karena kandungan gula yang tinggi didalamnya, apalagi bila disajikan bersama susu yang kaya akan lemak, maka dapat membuat kulit menjadi rentan ditumbuhi jerawat.

Bermacam minuman yang bisa bikin kamu jerawatan tersebut diatas memang memiliki manfaat bagi tubuh, namun bila dikonsumsi terlalu sering atau berlebihan maka dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat dan memberikan efek negatif pada kesehatan tubuh.

 

Edited: 2 months  ago

ReplyQuote
  
Working

Please Login or Register